Sabtu, 02 Oktober 2010

Perempuan setengah pria

Kesetaraan gender adalah salah satu hal yang prinsip dalam kiprahnya PNPM Mandiri Perdesaan, keterlibatan perempuan tidak hanya dari sudut pendidikan dan cara berpikir saja. namun juga mampu duduk bareng dan berdiri nyaris sama sejajarnya dengan kaum adam.Hal ini terbukti nyata di salah satu desa yang sedang melaksanakan Pembangunan PNPM di kecamatan Banyuputih.

Adalah dusun Mimbo di desa Sumberanyar yang melaksanakan Pembangunan plengsengan sungai dan tembok penahan tanah. Dalam pelaksanaannya 11 perempuan berusia rata-rata 30 tahun ikut berpartisipasi aktiv dan ikut serta dalam membangun plengsengan di dusunnya. walaupun tugasnya hanya sebatas pekerja dan membawa batu 10-15 kg dengan cara memanggulnya di atas kepala untuk dilangsir ,namun perempuan-perempuan ini tak kalah semangat dengan pekerja laki-laki. "kami menyebutnya perempuan setengah pria" hehe

Ini adalah kontribusi riil keberpihakan PNPM Mandiri Perdesaan terhadap masyarakat miskin yang  tidak hanya mendidik untuk berusaha secara mandiri, namun mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada kaum perempuan.

Sudah saatnya kaum perempuan di perdesaan bangkit untuk mandiri dalam usahanya dan siap membangun desanya.. 
Perjalanan masih panjang banyak hal yang bisa dilakukan kenapa kita tidak mencontoh perempua-perempuan luar biasa itu? paling tidak semangat kerjanya yang begitu luar biasa!!! (semoga)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment Disini